Informatika

Halaman ini dibuat untuk mendukung kegiatan Pembelajaran bagi Guru Informatika

A. Materi Pembelajaran Informatika

1. Berpikir Komputasional


2. Literasi Digital

2.1. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

2.1.1. Aplikasi Perkantoran

2.1.1.1. Microsoft Office Word

  • Pengertian , Tujuan, dan Manfaat Word
  • Sejarah dan Perkembangan Word

2.1.1.2. Google Docs - Aplikasi Perkantoran Online

2.1.1.3. Microsoft Office Excel

2.1.1.4. Google Sheet - Aplikasi Perkantoran Online

2.1.1.5. Microsoft Office Power Point

2.1.1.6. Google Slide - Aplikasi Perkantoran Online

2.1.1.7. Integrasi Aplikasi Perkantoran 1

2.1.1.8. Integrasi Aplikasi Perkantoran 2

2.2. Sistem Komputasi

2.2.1. Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Sejarah Perkembangan Komputer

2.2.2. Hardware (Perangkat Keras)

Pengertian dan Fungsi Hardware

  • Input Device (Perangkat Masukan)
  • Processing Device (Perangkat Pemrosesan)
  • Storage Device (Perangkat Penyimpanan
  • Output Device (Perangkat Keluaran)
  • Periferal (Perangkat Extensi)

2.2.3. Software (Perangkat Lunak)

  • Siklus hidup pengembangan perangkat lunak (SDLC)
  • Prototyping
2.2.4. Brainware 

2.3. Jaringan Komputer dan Internet


2.4. Dampak Sosial Informatika

QRIS (Quick Response Indonesian Standard)


3. Analisis Data


4. Algoritma dan Pemrograman

4.1. Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Sejarah Perkembangan Algoritma

4.2. 

B. Perangkat Pembelajaran Informatika

Capaian Pembelajaran (CP)


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)

ATP Fase A

  • ATP Fase A Kelas I
  • ATP Fase A Kelas II

ATP Fase B

  • ATP Fase B Kelas III
  • ATP Fase B kelas IV

ATP Fase C

  • ATP Fase C Kelas V
  • ATP Fase C Kelas VI

ATP Fase D

  • ATP Fase D Kelas VII
  • ATP Fase D Kelas VIII
  • ATP Fase D Kelas IX

ATP Fase E

  • ATP Fase E Kelas X

ATP Fase F

  • ATP Fase F Kelas XI
  • ATP Fase F Kelas XII

Program Tahunan (ProTa)

  • Fase F Kelas XII
  • Fase F Kelas XI
  • Fase E Kelas X
  • Fase D Kelas IX
  • Fase D Kelas VIII
  • Fase D Kelas VII
  • Fase C Kelas VI
  • Fase C Kelas V
  • Fase B Kelas IV
  • Fase B Kelas III
  • Fase A Kelas II
  • Fase A Kelas I

Program Semester (ProSem)

  • Fase F Kelas XII
  • Fase F Kelas XI
  • Fase E Kelas X
  • Fase D Kelas IX
  • Fase D Kelas VIII
  • Fase D Kelas VII
  • Fase C Kelas VI
  • Fase C Kelas V
  • Fase B Kelas IV
  • Fase B Kelas III
  • Fase A Kelas II
  • Fase A Kelas I

Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)

  • Fase F Kelas XII
  • Fase F Kelas XI
  • Fase E Kelas X
  • Fase D Kelas IX
  • Fase D Kelas VIII
  • Fase D Kelas VII
  • Fase C Kelas VI
  • Fase C Kelas V
  • Fase B Kelas IV
  • Fase B Kelas III
  • Fase A Kelas II
  • Fase A Kelas I


Modul Ajar

Fase F
Kelas XI
1. Berpikir Komputasional

LKPD

Kelas XI

C. Koding


Bahasa Pemrograman Python

Tingkat Dasar/Basic

Tingkat Menengah/Intermedied

Tingkat Advance

Tips & Trick Python


D. Artificial Intelegence (AI)


E. Bank Soal Informatika


F. Link Alat, Bahan, dan Media Pembelajaran Informatika  

Belajar dan Praktek Bahasa Pemrograman

Download Materi

Berpikir Komputasional

Literasi Digital

Analisis Data

Algoritma dan Pemrograman


No comments:

Post a Comment

+