Halaman ini dibuat untuk mendukung kegiatan Pembelajaran bagi Guru Informatika
A. Materi Pembelajaran Informatika
1. Berpikir Komputasional
2. Literasi Digital
2.1. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
2.1.1. Aplikasi Perkantoran
2.1.1.1. Microsoft Office Word
- Pengertian , Tujuan, dan Manfaat Word
- Sejarah dan Perkembangan Word
2.1.1.2. Google Docs - Aplikasi Perkantoran Online
- Google Workspace
- Mengenal Tampilan Menu Bar dan Toolbar pada Google Docs
- Cara Mudah menggunakan Google Docs
2.1.1.3. Microsoft Office Excel
2.1.1.4. Google Sheet - Aplikasi Perkantoran Online
2.1.1.5. Microsoft Office Power Point
2.1.1.6. Google Slide - Aplikasi Perkantoran Online
2.1.1.7. Integrasi Aplikasi Perkantoran 1
2.1.1.8. Integrasi Aplikasi Perkantoran 2
2.2. Sistem Komputasi
2.2.1. Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Sejarah Perkembangan Komputer
2.2.2. Hardware (Perangkat Keras)
Pengertian dan Fungsi Hardware
- Input Device (Perangkat Masukan)
- Processing Device (Perangkat Pemrosesan)
- Storage Device (Perangkat Penyimpanan
- Output Device (Perangkat Keluaran)
- Periferal (Perangkat Extensi)
2.2.3. Software (Perangkat Lunak)
- Siklus hidup pengembangan perangkat lunak (SDLC)
- Prototyping
2.3. Jaringan Komputer dan Internet
2.4. Dampak Sosial Informatika
QRIS (Quick Response Indonesian Standard)
3. Analisis Data
4. Algoritma dan Pemrograman
4.1. Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Sejarah Perkembangan Algoritma
4.2.
B. Perangkat Pembelajaran Informatika
Capaian Pembelajaran (CP)
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
ATP Fase A
- ATP Fase A Kelas I
- ATP Fase A Kelas II
ATP Fase B
- ATP Fase B Kelas III
- ATP Fase B kelas IV
ATP Fase C
- ATP Fase C Kelas V
- ATP Fase C Kelas VI
ATP Fase D
- ATP Fase D Kelas VII
- ATP Fase D Kelas VIII
- ATP Fase D Kelas IX
ATP Fase E
- ATP Fase E Kelas X
ATP Fase F
- ATP Fase F Kelas XI
- ATP Fase F Kelas XII
Program Tahunan (ProTa)
- Fase F Kelas XII
- Fase F Kelas XI
- Fase E Kelas X
- Fase D Kelas IX
- Fase D Kelas VIII
- Fase D Kelas VII
- Fase C Kelas VI
- Fase C Kelas V
- Fase B Kelas IV
- Fase B Kelas III
- Fase A Kelas II
- Fase A Kelas I
Program Semester (ProSem)
- Fase F Kelas XII
- Fase F Kelas XI
- Fase E Kelas X
- Fase D Kelas IX
- Fase D Kelas VIII
- Fase D Kelas VII
- Fase C Kelas VI
- Fase C Kelas V
- Fase B Kelas IV
- Fase B Kelas III
- Fase A Kelas II
- Fase A Kelas I
Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP)
- Fase F Kelas XII
- Fase F Kelas XI
- Fase E Kelas X
- Fase D Kelas IX
- Fase D Kelas VIII
- Fase D Kelas VII
- Fase C Kelas VI
- Fase C Kelas V
- Fase B Kelas IV
- Fase B Kelas III
- Fase A Kelas II
- Fase A Kelas I
Modul Ajar
LKPD
Kelas XI
C. Koding
Bahasa Pemrograman Python
Tingkat Dasar/Basic
- Belajar Dasar Python 1
- Belajar Dasar Python 2
- Belajar Dasar Python 3
- Belajar Dasar Python 4
- Latihan Python 1 (Bilangan Ganjil dan Genap)
- Latihan Python 2 (Faktor dari suatu Bilangan)
- Latihan Python 3 (Mencari Kata dalam Kalimat)
- Latihan Python 4 (Membuat Format Rupiah)
- Latihan Python 5 (Pola Bintang Sigitiga)
Tingkat Menengah/Intermedied
Tingkat Advance
Tips & Trick Python
D. Artificial Intelegence (AI)
E. Bank Soal Informatika
F. Link Alat, Bahan, dan Media Pembelajaran Informatika
Belajar dan Praktek Bahasa Pemrograman
Download Materi
Berpikir Komputasional
Literasi Digital
Analisis Data
Algoritma dan Pemrograman
No comments:
Post a Comment