Elemen |
BK (BerPikir
Komputasional) |
Capaian Pembelajaran |
Pada akhir fase F, peserta
didik mampu memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi
digital, menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal,
menganalisis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi
algoritmik untuk menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan
dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari
setiap alternatif solusi, kemudian memilih dan menerapkan solusi terbaik,
paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak; selain itu
juga mampu mengenali berbagai model jaringan komputer, pengiriman data antar
perangkat dalam jaringan komputer dan troubleshooting permasalahan jaringan
komputer. |
Tujuan Pembelajaran |
Peserta
didik memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi
digital;
|
Kode |
BK.1.1 |
Indikator Pembelajaran |
· Peserta didik mampu Menerapkan Tahapan
Pengembangan perangkat lunak secara berurutan · Peserta didik Menganalisis Tahapan Pemeliharaan
dan perencanaan Proyek · Peserta didik mampu Menerapkan penggunaan
Metodologi yang tepat dalam SDLC · Peserta didik mampu Menganalis berbagai faktor
Pengembangan Aplikasi Mobile |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Pengembangan Program
(Software), Produk (hardware) Teknologi Digital |
Topik |
Proses
pengembangan program atau produk teknologi digital |
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
|
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta
didik menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal.
|
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
Algoritma yang efisien, efektif, dan
optimal; |
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
|
|
Tujuan Pembelajaran |
1.
Peserta
didik menganalis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi
Algoritmik. 2. Peserta didik menghasilkan beberapa alternatif
solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi,
kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis |
|
|
Tujuan Pembelajaran |
1.1.
Peserta
didik memilih solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur
data yang lebih kompleks dan abstrak. 1.2.
Peserta
didik menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang
struktur data yang lebih kompleks dan abstrak. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis |
|
|
Tujuan Pembelajaran |
1.
Peserta
didik mengenali berbagai model jaringan komputer. 2.
Peserta
didik mampu mengirimkan data antar perangkat dalam jaringan komputer. 3.
Peserta
didik mengidentifikasi troubleshooting permasalahan dalam jaringan komputer. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis |
Elemen |
LD - LITERASI DIGITAL |
Capaian Pembelajaran |
Pada akhir fase F, peserta
didik mampu memahami penggunaan mesin pencari untuk melakukan riset,
mengevaluasi kebenaran konten menggunakan verifikasi teks, gambar dan video,
menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi informasi digital yang
kompleks, mampu merancang kebutuhan sistem komputer sesuai kebutuhan
pengguna, memahami konsep dan
penerapan serta konfigurasi keamanan lanjut untuk konektivitas jaringan data
lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel, mengkreasi konten digital dengan peralatan dan metode yang
bervariasi; mampu memahami hukum dan perundangan terkait isu digital di
Indonesia, memahami pemanfaatan teknologi digital dalam demokrasi,
pengelolaan kata sandi dengan manajer
kata sandi dan menerapkan autentikasi dua langkah dengan beragam moda,
memahami pemanfaatan platform lokapasar, perbankan digital, dompet digital
beserta aspek keamanannya. |
Sub Elemen |
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta
didik memahami penggunaan mesin pencari untuk melakukan riset. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Sub Elemen |
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta
didik mengevaluasi kebenaran konten menggunakan verifikasi teks, gambar dan
video. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Konten |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Sub Elemen |
Dampak Sosial
INFORMATIKA |
Tujuan Pembelajaran |
1.1. Peserta didik mampu menggunakan cara membaca
lateral untuk informasi digital. 1.2. Peserta didik menggunakan cara membaca lateral
untuk mengevaluasi informasi digital yang kompleks. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Membaca lateral |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Sub Elemen |
SISTEM KOMPUTASI |
Tujuan Pembelajaran |
Peserta
didik merancang sistem komputer sesuai kebutuhan pengguna. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Konten |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Sub Elemen |
JARINGAN KOMPUTER DAN
INTERNET |
Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik memahami konsep konektivitas
jaringan data local dan internet baik kabel maupun nirkabel. 2. Peserta didik memahami penerapan konektivitas
jaringan data local dan internet baik kabel maupun nirkabel. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Konten |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
|
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik memahami konfigurasi keamanan
(tingkat lanjut) untuk konektivitas jaringan data local dan internet baik
kabel maupun nirkabel. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Konten |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Sub Elemen |
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik mengkreasi konten digital dengan
peralatan dan metode yang bervariasi. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Konten |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Sub Elemen |
DAMPAK SOSIAL
INFORMATIKA |
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik memahami hukum dan perundangan
terkait isu digital di Indonesia. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Konten |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Sub Elemen |
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta
didik memahami pemanfaatan teknologi digital dalam demokrasi. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Konten |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Sub Elemen |
|
Tujuan Pembelajaran |
1.
Peserta
didik memahami pengelolaan kata sandi dengan manajer kata sandi. 2.
Peserta
didik menerapkan autentikasi dua langkah dengan beragam moda di dalam
pengelolaan kata sandi. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Konten |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Sub Elemen |
|
Tujuan Pembelajaran |
1.
Peserta
didik memahami platform lokapasar, perbankan digital, dompet digital. 2.
Peserta
didik memahami pemanfaatan platform lokapasar, perbankan digital, dan dompet
digital beserta aspek keamanannya. 3.
Peserta
didik memahami aspek keamanan dalam penggunaan platform lokapasar, perbankan
digital, dan dompet digital. |
Jumlah Jam |
… x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
Konten |
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis
|
Elemen |
AD - Analisasa Data |
Capaian Pembelajaran |
Pada akhir fase F, peserta
didik mampu memanfaatkan sumber data yang terbuka, terpercaya, dan legal
untuk mengolah data untuk pengambilan keputusan dan prediksi secara efektif,
efisien, dan optimal tanpa atau dengan komputer. |
Tujuan Pembelajaran |
1.
Peserta
didik memanfaatan sumber data yang terbuka, terpercaya, dan legal. 2.
Peserta
didik mengolah sumber data yang terbuka, terpercaya, dan legal. |
Jumlah Jam |
….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Mandiri menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab
atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi,
minat, situasi dan tuntutan perkembangan. Berpikir kritis untuk mencapai sebuah
kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi
kesempatan individu untuk mencapai ide-ide. Kritis tanpa memaksakan pendapatnya
sendiri) dan kreatif
(selalu berupaya aktif menolong orang-orang yang membutuhkan dan
mencarikan solusi terbaik untuk mendukung. Kreatif mampu memodifikasi dan
menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. |
|
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik mengolah data
untuk pengambilan keputusan tanpa atau dengan komputer. |
Jumlah Jam |
….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Mandiri menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab
atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi,
minat, situasi dan tuntutan perkembangan. Berpikir kritis untuk mencapai sebuah
kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi
kesempatan individu untuk mencapai ide-ide. Kritis tanpa memaksakan pendapatnya
sendiri) dan kreatif
(selalu berupaya aktif menolong orang-orang yang membutuhkan dan
mencarikan solusi terbaik untuk mendukung. Kreatif mampu memodifikasi dan
menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. |
|
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik mengolah data
untuk prediksi secara efektif, efisien, dan optimal tanpa atau dengan
komputer. |
Jumlah Jam |
….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Mandiri menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab
atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi,
minat, situasi dan tuntutan perkembangan. Berpikir kritis untuk mencapai sebuah
kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi
kesempatan individu untuk mencapai ide-ide. Kritis tanpa memaksakan pendapatnya
sendiri) dan kreatif
(selalu berupaya aktif menolong orang-orang yang membutuhkan dan
mencarikan solusi terbaik untuk mendukung. Kreatif mampu memodifikasi dan
menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. |
Elemen |
AP - Algoritma dan Pemrograman |
Capaian Pembelajaran |
Pada akhir fase F, peserta
didik mampu memahami konsep strategi algoritmik, mengembangkan program
komputer terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain berdasarkan
strategi algoritmik yang tepat. Selain itu mampu mengembangkan, melakukan
pemeliharaan, dan penyempurnaan algoritma standar ke dalam kode sumber
program dengan memperhatikan kualitasnya; serta mampu merancang dan
mengimplementasi sebuah program yang menggunakan struktur data kompleks,
tepat menggunakan library atau perangkat yang tersedia. |
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik memahami konsep strategi Algoritmik. |
Jumlah Jam |
….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis untuk mencapai sebuah
kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi
kesempatan individu untuk mencapai ide-ide. Kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan
sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampakIa menggunakan
imajinasi dan pengalamannya secara bebas dalam berkreasi untuk mengembangkan
diri, menemukan kebahagiaan, hingga memecahkan pelbagai persoalan. Mandiri menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab
atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi,
minat, situasi dan tuntutan perkembangan. |
|
|
Tujuan Pembelajaran |
1.
Peserta
didik memahami program komputer terstruktur. 2.
Peserta
didik mengembangkan program komputer terstrutur dalam notasi algoritma atau
notasi lain berdasarkan strategi algoritmik yang tepat. |
Jumlah Jam |
….. x Pertemuan (… JP x 45
Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis untuk mencapai sebuah
kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi
kesempatan individu untuk mencapai ide-ide. Kreatif mampu memodifikasi dan
menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampakIa
menggunakan imajinasi dan pengalamannya secara bebas dalam berkreasi untuk
mengembangkan diri, menemukan kebahagiaan, hingga memecahkan pelbagai persoalan. Mandiri menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab
atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi,
minat, situasi dan tuntutan perkembangan. |
|
|
Tujuan Pembelajaran |
1.
Peserta
didik mengembangkan algortima standar ke dalam kode sumber program dengan
memperhatikan kualitasnya. 2.
Peserta
didik melakukan pemeliharaan algortima standar ke dalam kode sumber program
dengan memperhatikan kualitasnya. 3.
Peserta
didik menyempurnakan algortima standar ke dalam kode sumber program dengan
memperhatikan kualitasnya. |
Jumlah Jam |
….. x Pertemuan (… JP x 45
Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis untuk mencapai sebuah
kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi
kesempatan individu untuk mencapai ide-ide. Kreatif mampu memodifikasi dan
menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampakIa
menggunakan imajinasi dan pengalamannya secara bebas dalam berkreasi untuk
mengembangkan diri, menemukan kebahagiaan, hingga memecahkan pelbagai persoalan. Mandiri menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab
atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi,
minat, situasi dan tuntutan perkembangan. |
|
|
Tujuan Pembelajaran |
1. Peserta didik merancang sebuah program yang
menggunakan strutur data kompleks secara tepat. 2. Peserta didik mengimplementasikan sebuah program
yang menggunakan strutur data kompleks secara tepat. 3. Peserta didik menggunakan library atau perangkat
yang tersedia dalam sebuah program yang menggunakan strutur data kompleks. |
Jumlah Jam |
….. x Pertemuan (… JP x 45
Menit) |
Kata Kunci |
|
Topik |
|
Glosarium |
|
Profil Pelajar Pancasila |
Berpikir kritis untuk mencapai sebuah
kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi
kesempatan individu untuk mencapai ide-ide. Kreatif mampu memodifikasi dan
menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampakIa menggunakan
imajinasi dan pengalamannya secara bebas dalam berkreasi untuk mengembangkan
diri, menemukan kebahagiaan, hingga memecahkan pelbagai persoalan. Mandiri menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab
atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi,
minat, situasi dan tuntutan perkembangan. |
Write by:
baranur
No comments:
Post a Comment