Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik di akhir setiap fase. CP yang disusun untuk mencapai kompetensi peserta didik terdiri atas beberapa Fase dan elemen. Disini penulis memaparkan CP untuk elemen Berpikir Komputasional (BK) pada setiap Fase nya.
Berpikir Komputasional
Fase
D (SMP Kelas VII-IX)
Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.
Fase
E (SMA Kelas X)
Peserta didik mampu memahami validitas sumber data; memahami konsep struktur data dan algoritma standar; menerapkan proses komputasi yang dilakukan manusia secara mandiri atau berkelompok untuk mendapatkan data yang bersih, benar, dan terpercaya; menerapkan struktur data dan algoritma standar untuk menghasilkan berbagai solusi dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur kompleks dengan volume tidak kecil; serta menuliskan solusi rancangan program sederhana dalam format pseudocode yang dekat dengan bahasa komputer.
Peserta didik mampu memahami model dan menyimulasikan dinamika Input-Proses-Output dalam sebuah komputer Von Neumann, serta memahami peran sistem operasi.
Fase
F (SMA Kelas XI-XII)
Peserta didik mampu memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi digital; menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal; menganalisis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi algoritmik untuk menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi; kemudian mampu memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak.
Selain itu, peserta
didik mampu mengenali berbagai model jaringan komputer serta mampu melakukan
pengiriman data antar perangkat dalam jaringan komputer dan troubleshooting
permasalahan jaringan komputer.
Fase Kelas |
A |
B |
C |
D |
E |
F |
|
|
|
|
memahami
konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari |
memahami
validitas sumber data |
memahami
alur proses pengembangan program atau produk teknologi digital |
|
|
|
|
memahami
konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam
menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana
dengan volume kecil |
memahami
konsep struktur data dan algoritma standar |
menuliskan
algoritma yang efisien, efektif, dan optimal |
|
|
|
|
menerapkan
proses komputasi yang dilakukan manusia secara mandiri atau berkelompok untuk
mendapatkan data yang bersih, benar, dan terpercaya |
menganalisis
persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi algoritmik untuk
menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan
justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif
solusi |
|
|
|
|
|
mendisposisikan
berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang |
menerapkan
struktur data dan algoritma standar untuk menghasilkan berbagai solusi dalam
menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur kompleks
dengan volume tidak kecil |
memilih
dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang
struktur data yang lebih kompleks dan abstrak. |
|
|
|
|
mampu
menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata
terbatas atau simbol dalam format pseudocode |
menuliskan
solusi rancangan program sederhana dalam format pseudocode yang dekat dengan
bahasa komputer |
mampu
mengenali berbagai model jaringan komputer |
|
|
|
|
|
mampu
memahami model dan menyimulasikan dinamika Input-Proses-Output dalam sebuah
komputer Von Neumann |
melakukan
pengiriman data antar perangkat dalam jaringan komputer |
|
|
|
|
|
memahami
peran sistem operasi |
Mengenali
troubleshooting permasalahan jaringan komputer |
|
|
|
|
|
|
|
Writed by:
baranur