Wednesday, June 11, 2025

CP Informatika Elemen Berpikir Komputasional (BK) per Fase

Capaian Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik di akhir setiap fase. CP yang disusun untuk mencapai kompetensi peserta didik terdiri atas beberapa Fase dan elemen. Disini penulis memaparkan CP untuk elemen Berpikir Komputasional (BK) pada setiap Fase nya.


Berpikir Komputasional

Fase D (SMP Kelas VII-IX)

Peserta didik mampu memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari, memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil, dan mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang; mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode.

Fase E (SMA Kelas X)

Peserta didik mampu memahami validitas sumber data; memahami konsep struktur data dan algoritma standar; menerapkan proses komputasi yang dilakukan manusia secara mandiri atau berkelompok untuk mendapatkan data yang bersih, benar, dan terpercaya; menerapkan struktur data dan algoritma standar untuk menghasilkan berbagai solusi dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur kompleks dengan volume tidak kecil; serta menuliskan solusi rancangan program sederhana dalam format pseudocode yang dekat dengan bahasa komputer.

Peserta didik mampu memahami model dan menyimulasikan dinamika Input-Proses-Output dalam sebuah komputer Von Neumann, serta memahami peran sistem operasi.

Fase F (SMA Kelas XI-XII)

Peserta didik mampu memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi digital; menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal; menganalisis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi algoritmik untuk menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi; kemudian mampu memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak.

Selain itu, peserta didik mampu mengenali berbagai model jaringan komputer serta mampu melakukan pengiriman data antar perangkat dalam jaringan komputer dan troubleshooting permasalahan jaringan komputer.

 

Fase

Kelas

A

B

C

D

E

F

 

 

 

 

memahami konsep himpunan data terstruktur dalam kehidupan sehari-hari

memahami validitas sumber data

memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi digital

 

 

 

 

memahami konsep lembar kerja pengolah data dan menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur sederhana dengan volume kecil

memahami konsep struktur data dan algoritma standar

menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal

 

 

 

 

menerapkan proses komputasi yang dilakukan manusia secara mandiri atau berkelompok untuk mendapatkan data yang bersih, benar, dan terpercaya

menganalisis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi algoritmik untuk menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi

 

 

 

 

mendisposisikan berpikir komputasional yang diperlukan pada berbagai bidang

menerapkan struktur data dan algoritma standar untuk menghasilkan berbagai solusi dalam menyelesaikan persoalan yang mengandung himpunan data berstruktur kompleks dengan volume tidak kecil

memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak.

 

 

 

 

mampu menuliskan sekumpulan instruksi dengan menggunakan sekumpulan kosakata terbatas atau simbol dalam format pseudocode

menuliskan solusi rancangan program sederhana dalam format pseudocode yang dekat dengan bahasa komputer

mampu mengenali berbagai model jaringan komputer

 

 

 

 

 

mampu memahami model dan menyimulasikan dinamika Input-Proses-Output dalam sebuah komputer Von Neumann

melakukan pengiriman data antar perangkat dalam jaringan komputer

 

 

 

 

 

memahami peran sistem operasi

Mengenali troubleshooting permasalahan jaringan komputer

 

 

 

 

 

 

 

 

Writed by:

baranur

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Fase F

 

 

Elemen

BK  (BerPikir Komputasional)

Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi digital, menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal, menganalisis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi algoritmik untuk menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi, kemudian memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data  yang lebih kompleks dan abstrak; selain itu juga mampu mengenali berbagai model jaringan komputer, pengiriman data antar perangkat dalam jaringan komputer dan troubleshooting permasalahan  jaringan  komputer.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi digital;

 

Kode

BK.1.1

Indikator Pembelajaran

·      Peserta didik mampu Menerapkan Tahapan Pengembangan perangkat lunak secara berurutan

·      Peserta didik Menganalisis Tahapan Pemeliharaan dan perencanaan Proyek

·      Peserta didik mampu Menerapkan penggunaan Metodologi yang tepat dalam SDLC

·      Peserta didik mampu Menganalis berbagai faktor Pengembangan Aplikasi Mobile

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Pengembangan Program (Software), Produk (hardware) Teknologi Digital

Topik

Proses pengembangan program atau produk teknologi digital

Glosarium

 

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal.

 

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

 

Topik

Algoritma yang efisien, efektif, dan optimal;

Glosarium

 

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik menganalis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi Algoritmik.

2.    Peserta didik menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

 

Tujuan Pembelajaran

1.1.   Peserta didik memilih solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak.

1.2.   Peserta didik menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik mengenali berbagai model jaringan komputer.

2.      Peserta didik mampu mengirimkan data antar perangkat dalam jaringan komputer.

3.      Peserta didik mengidentifikasi troubleshooting permasalahan dalam jaringan komputer.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

 

Elemen

LD - LITERASI DIGITAL

Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami penggunaan mesin pencari untuk melakukan riset, mengevaluasi kebenaran konten menggunakan verifikasi teks, gambar dan video, menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi informasi digital yang kompleks, mampu merancang kebutuhan sistem komputer sesuai kebutuhan pengguna, memahami  konsep dan penerapan serta konfigurasi keamanan lanjut untuk konektivitas jaringan data lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel, mengkreasi konten digital  dengan peralatan dan metode yang bervariasi; mampu memahami hukum dan perundangan terkait isu digital di Indonesia, memahami pemanfaatan teknologi digital dalam demokrasi, pengelolaan kata sandi dengan  manajer kata sandi dan menerapkan autentikasi dua langkah dengan beragam moda, memahami pemanfaatan platform lokapasar, perbankan digital, dompet digital beserta aspek keamanannya.

Sub Elemen

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik memahami penggunaan mesin pencari untuk melakukan riset.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

Sub Elemen

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mengevaluasi kebenaran konten menggunakan verifikasi teks, gambar dan video.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Konten

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

Sub Elemen

Dampak Sosial INFORMATIKA

Tujuan Pembelajaran

1.1.   Peserta didik mampu menggunakan cara membaca lateral untuk informasi digital.

1.2.   Peserta didik menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi informasi digital yang kompleks.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Membaca lateral

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

Sub Elemen

SISTEM KOMPUTASI

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik merancang sistem komputer sesuai kebutuhan pengguna.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Konten

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

Sub Elemen

JARINGAN KOMPUTER DAN INTERNET

Tujuan Pembelajaran

1.   Peserta didik memahami konsep konektivitas jaringan data local dan internet baik kabel maupun nirkabel.

2.   Peserta didik memahami penerapan konektivitas jaringan data local dan internet baik kabel maupun nirkabel.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Konten

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

 

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik memahami konfigurasi keamanan (tingkat lanjut) untuk konektivitas jaringan data local dan internet baik kabel maupun nirkabel.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Konten

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

Sub Elemen

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mengkreasi konten digital dengan peralatan dan metode yang bervariasi.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Konten

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

Sub Elemen

DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik memahami hukum dan perundangan terkait isu digital di Indonesia.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Konten

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

Sub Elemen

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik memahami pemanfaatan teknologi digital dalam demokrasi.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Konten

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

Sub Elemen

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik memahami pengelolaan kata sandi dengan manajer kata sandi.

2.    Peserta didik menerapkan autentikasi dua langkah dengan beragam moda di dalam pengelolaan kata sandi.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Konten

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

Sub Elemen

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik memahami platform lokapasar, perbankan digital, dompet digital.

2.    Peserta didik memahami pemanfaatan platform lokapasar, perbankan digital, dan dompet digital beserta aspek keamanannya.

3.    Peserta didik memahami aspek keamanan dalam penggunaan platform lokapasar, perbankan digital, dan dompet digital.

Jumlah Jam

… x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

Konten

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis

 

 

 

Elemen

AD - Analisasa Data

Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memanfaatkan sumber data yang terbuka, terpercaya, dan legal untuk mengolah data untuk pengambilan keputusan dan prediksi secara efektif, efisien, dan optimal tanpa atau dengan komputer.

Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik memanfaatan sumber data yang terbuka, terpercaya, dan legal.

2.    Peserta didik mengolah sumber data yang terbuka, terpercaya, dan legal.

Jumlah Jam

….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri  menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi, minat, situasi dan tuntutan perkembangan.

Berpikir kritis untuk mencapai sebuah kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk mencapai ide-ide.

Kritis tanpa memaksakan pendapatnya sendiri)  dan  kreatif  (selalu berupaya aktif menolong orang-orang yang membutuhkan dan mencarikan solusi terbaik untuk mendukung.

Kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

 

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mengolah data untuk pengambilan keputusan tanpa atau dengan komputer.

Jumlah Jam

….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri  menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi, minat, situasi dan tuntutan perkembangan.

Berpikir kritis untuk mencapai sebuah kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk mencapai ide-ide.

Kritis tanpa memaksakan pendapatnya sendiri)  dan  kreatif  (selalu berupaya aktif menolong orang-orang yang membutuhkan dan mencarikan solusi terbaik untuk mendukung.

Kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

 

 

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mengolah data untuk prediksi secara efektif, efisien, dan optimal tanpa atau dengan komputer.

Jumlah Jam

….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Mandiri  menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi, minat, situasi dan tuntutan perkembangan.

Berpikir kritis untuk mencapai sebuah kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk mencapai ide-ide.

Kritis tanpa memaksakan pendapatnya sendiri)  dan  kreatif  (selalu berupaya aktif menolong orang-orang yang membutuhkan dan mencarikan solusi terbaik untuk mendukung.

Kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.

 

 

Elemen

AP - Algoritma dan Pemrograman

Capaian Pembelajaran

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami konsep strategi algoritmik, mengembangkan program komputer terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain berdasarkan strategi algoritmik yang tepat. Selain itu mampu mengembangkan, melakukan pemeliharaan, dan penyempurnaan algoritma standar ke dalam kode sumber program dengan memperhatikan kualitasnya; serta mampu merancang dan mengimplementasi sebuah program yang menggunakan struktur data kompleks, tepat menggunakan library atau perangkat yang tersedia.

Tujuan Pembelajaran

Peserta didik memahami konsep strategi Algoritmik.

Jumlah Jam

….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis untuk mencapai sebuah kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk mencapai ide-ide.

Kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampakIa menggunakan imajinasi dan pengalamannya secara bebas dalam berkreasi untuk mengembangkan diri, menemukan kebahagiaan, hingga memecahkan pelbagai persoalan.

Mandiri  menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi, minat, situasi dan tuntutan perkembangan.

 

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik memahami program komputer terstruktur.

2.    Peserta didik mengembangkan program komputer terstrutur dalam notasi algoritma atau notasi lain berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.

Jumlah Jam

….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis untuk mencapai sebuah kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk mencapai ide-ide.

Kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampakIa menggunakan imajinasi dan pengalamannya secara bebas dalam berkreasi untuk mengembangkan diri, menemukan kebahagiaan, hingga memecahkan pelbagai persoalan.

Mandiri  menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi, minat, situasi dan tuntutan perkembangan.

 

 

Tujuan Pembelajaran

1.   Peserta didik mengembangkan algortima standar ke dalam kode sumber program dengan memperhatikan kualitasnya.

2.   Peserta didik melakukan pemeliharaan algortima standar ke dalam kode sumber program dengan memperhatikan kualitasnya.

3.   Peserta didik menyempurnakan algortima standar ke dalam kode sumber program dengan memperhatikan kualitasnya.

Jumlah Jam

….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis untuk mencapai sebuah kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk mencapai ide-ide.

Kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampakIa menggunakan imajinasi dan pengalamannya secara bebas dalam berkreasi untuk mengembangkan diri, menemukan kebahagiaan, hingga memecahkan pelbagai persoalan.

Mandiri  menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi, minat, situasi dan tuntutan perkembangan.

 

 

Tujuan Pembelajaran

1.    Peserta didik merancang sebuah program yang menggunakan strutur data kompleks secara tepat.

2.    Peserta didik mengimplementasikan sebuah program yang menggunakan strutur data kompleks secara tepat.

3.    Peserta didik menggunakan library atau perangkat yang tersedia dalam sebuah program yang menggunakan strutur data kompleks.

Jumlah Jam

….. x Pertemuan (… JP x 45 Menit)

Kata Kunci

 

Topik

 

Glosarium

 

Profil Pelajar Pancasila

Berpikir kritis untuk mencapai sebuah kesuksesan pada target. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan individu untuk mencapai ide-ide.

Kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampakIa menggunakan imajinasi dan pengalamannya secara bebas dalam berkreasi untuk mengembangkan diri, menemukan kebahagiaan, hingga memecahkan pelbagai persoalan.

Mandiri  menekankan pada prakarsa dan tanggung jawab atas pembelajaran dan pengembangan dirinya dengan mempertimbangkan potensi, minat, situasi dan tuntutan perkembangan.

 

 

Write by:

baranur

+